Jelly Gamat Gold-G

Jelly Gamat Gold-G
Klik Pesan Cepat Disini

Selasa, 24 Maret 2009

Install xampp di ubuntu 8.04

Setelah bertanya berkali-kali ama mbah google mengenai tutorial installasi lampp di ubuntu saya malah jadi pusing juga, he..he..he, ada beberapa blog dan website komunitas yang menjelaskan cara installasinya, saking banyaknya lupa alamat URL nya, maaf bila ada yang merasa tulisan saya ini ada kemiripan mungkin saya pernah membaca blog atau website anda…

nih caranya :

1. download lah software xampp nya

2. setelah di download ekstrak file tsb biasanya format tar.gz, terserah mau disimpan dimana

cara ekstraknya :

login sebagai root

tar -xvvzf xampp-linux-1.6.6.tar.gz -C /opt

pasti akan terekstrak ke direktory /opt

3. masih login sebagai root terus ketik ini nih :

root@fondix-laptop:/# /opt/lampp/lampp start -> ini perintah menjalankan lampp

kenapa namanya lampp bukannya xampp saya juga ga tau emang udah dari sono nya kyk gitu he..he..he

nah setelah itu buka browser ketik localhost pasti xampp nya jalan, dan jangan lupa buat password buat

phpmyadmin dan mysqlnya gampang kok tinggal ketik :

/opt/lampp/lampp security -> status user harus masih root loh….

nanti ikutin aja gampang kok, kalo bingung tanya lg aja ama mbah google

4. nah ini nih terakhir, kebetulan bikin tulisan ini jam 2 pagi

bila memakai lampp atau xampp di linux jangan lupa folder utama website anda untuk di chmod -R 775

biar bs ke baca di localhost

maaf bila tulisan ini masih membuat anda bingung, saya ngetiknya sambil ngantuk….. mohon koreksinya bila ada yg masih kurang atau salah….

kalo masih mentok banget dan ga ngerti buka ini dong : http://www.apachefriends.org/en/xampp-linux.html

sumber :

-efhape.web.ugm.ac.id

-linuxindo.web.id

-dan beberapa blog serta website yang saya lupa alamatnya

-mbah google

Tidak ada komentar: